Selasa, 27 September 2016

Membuat Program Java Pertamamu

Pada postingan kali ini akan dijelaskan bagaimana memulai untuk membuat sebuah program java. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara melakukan instalasi Java SDK, setting path variabel, hingga Java IDE yang dibutuhkan, karena semuanya sudah banyak dibahas di internet. 
Toturial ini sendiri akan lebih terfokus pada coding serta bagaimana cara penerapannya, sebagai permulaan dan seperti dari sekian banyak awal dari pembelajaran bahasa pemrograman pada umumnya maka kita akan membuat program untuk menampilkan Text "Hello World" atau supaya berbeda sedikit kita mencoba menampilkan Text "Hello Blogger" :) , nah bagaimana struktur coding-nya dengan menggunakan bahasa Java? dan bagaimana memunculkan text "Hello Blogger" menggunakan bahasa java ? adapun langkah2nya sebagai berikut :
  1. Siapkan file .java dengan nama Helloworld.java, karena java merupakan bahasa yang sifatnya OOP (Object Oriented Program) atau pemrograman berorienstasi objek maka akan terdapat sebuah class dalam setiap file .java dengan nama class yang sesuai dengan nama file .java yang sudah kita buat dan sifatnya CASE SENSITIVE.  
  2.  class Helloworld { }
  3. Dalam class Helloworld buatlah sebuah main method (pada baris 3), kemudian dalam main method tersebut ketikkan kode system.out.println("Hello Blogger") (pada baris 4) untuk menampilkan text Hello Blogger.
  4.  class Helloworld {
    
     public static void main(String args[]){
      System.out.println("Hello Blogger");
      
     }
    }
  5. Main method sendiri penting pada setiap program Java yang akan kita buat, tanpa adanya main method maka program tidak dapat di eksekusi / berjalan. Adapun struktur dasar bahasa pemrograman java dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
  6. Jika Program yang sudah dibuat sukses di-compile, maka hasilnya sebagai berikut (lihat tab console pada gambar):  
Kesimpulan :
  • Java bersifat OOP, maka setiap file .java yang dibuat akan terdapat sebuah class dimana nama file .java yang dibuat harus sesuai dengan nama class didalamnya dan bersifat case sensitive.
  • main method penting agar program yang dibuat dapat dieksekusi
  • Dalam setiap class atau method selalu diawali dengan  karakter "{" yang merupakan awal dari statement dan karakter "}" yang merupakan akhir dari statement
  • system.out.println(" ") digunakan untuk menampilkan text
Baiklah, semoga tutorial yang disampaikan tadi bermanfaat untuk anda yang baru memulai untuk mempelajari pemrograman Java. Terimakasih sudah berkunjung dan Sampai jumpa pada postingan selanjutnya :) .

0 komentar:

Posting Komentar